Kopdar Ke-0: Interview With Mas Teguh


Dua hari sebelum kopdar pertama di Jogja, sebenarnya saya juga melakukan kopdar dengan salah satu teman baik di MP, yakni trasyid alias mas teguh. Awalnya pertemuan direncanakan hari minggu, tapi baru Selasa siangnya kami benar-benar bisa ketemu.

Agak khawatir juga, kopdar kami hanya akan berlangsung singkat. Mas Teguh datang ke JEC jam 12.30, sedangkan jam 13.00 saya harus main lagi. Syukurlah, ternyata selepas makan siang, team Batam mendapatkan Bye. Bahkan setelahnya, di sesi selanjutnya, yang berlangsung pukul 14.30-16.00, saya mendapatkan keringanan ‘tak bermain’, sehingga kopdar bisa berlangsung lebih lama.

Saya mengajak mas Teguh melihat langsung bagaimana permainan bridge berlangsung. 4 orang saling berhadapan, dengan masing2 memegang kartu berdasarkan arah (utara, selatan, timur dan barat). Lalu kami pergi ke ruang VU Graph, tempat penonton melihat pertandingan yang disiarkan melalui BBO (internet). Dengan cara tersebut, penonton di seluruh penjuru dunia bisa melihat permainan Bridge. Pada saat melihat VU Graph itulah, team saya (Batam) sedang bermain menghadapi team Jakarta Pusat (yang bermaterikan pemain2 nasional). Saat itu, saya yang sedang tak bermain, lalu menjelaskan skor-skor pertandingan.

tampilan di BBO (Bridge Base Online) Batam vs Jakpus

Karena team Batam sepertinya kalah telak, saya buru2 ngacir dari arena VU Graph dan ngopi di lantai bawah. Di sana, obrolanpun mengalir, seputar dunia MP; kapan pertama kali buka account, apa yang menarik di MP, dll. Melihat BG mas teguh di dunia kedokteran, kesempatan itu tak saya sia-siakan. Saya sontak mewawancarainya mengenai beberapa hal terutama menyangkut aktivitasnya sebagai koas. Hal tersebut membantu saya dalam finishing touch novel saya.

Setelah kopdar, mas Teguh masih sempat berkirim kabar kalau team Batam akhirnya berada di peringkat 8 dan lolos perempat final. Rupanya beliau rajin melihat website panitia penyelenggara, hal yang tak sempat saya lakukan. Dalam benak saya, saya masih menyangka Batam masih peringkat 6.

Di babak perempat final, team Batam kembali menghadapi Jakarta pusat. Sontak, timbul niat untuk membalas dendam atas kekalahan di babak penyisihan. Tekad saya makin membara, karena beberapa rekan Bridge dan teman MP—termasuk om Bunkam dan mas Teguh–berkirim sms yang makin meletupkan semangat. Saya langsung melakukan pemanasan, shit up 1/3 kali, push up 2/3 kali…huehue

Olala…tangan sudah gatal membanting2 kartu kok, ternyata saya tak dimainkan lagi tho ya…Padahal, sepanjang babak penyisihan, saya dan partner mencetak banyak skor. Rekor kami, 9 kali main, 8 kali menang dan hanya sekali kalah.

Pasangan kedua, main 11 kali, 7 kali menang dan 4 kali kalah

Pasangan ketiga lebih parah. Main 8 kali, 3 kali menang dan sisanya kalah.

Tapi kenapa eh kenapa, kok yang diturunkan pasangan kedua dan ketiga???

Separuh babak, team Batam sudah babak belur, kalah telak 13-58. (kalau dalam sepakbola, setara dengan kekalahan 0-12).

Di separuh babak sisanya, rencananya saya dan partner baru akan diturunkan. Kontan dengan kompak kami menolak. Messi dan Ronaldo aja, jika diduetkan, tak akan mampu mencetak gol sebanyak itu. Nah, apalagi kami…

Mendingan jalan-jalan…khan?

58 thoughts on “Kopdar Ke-0: Interview With Mas Teguh

  1. saturindu said: mau ngajak main apa?capsa, remi, 4-1, blackjack, poker, atau bridge? :)))

    eh, itu beneran foto pas jakpus ngelawan batam.. :))yang sekarang (masih) nggak ngerti bagaimana memulai biding, penilaiannya…🙂

  2. trasyid said: eh, itu beneran foto pas jakpus ngelawan batam.. :))yang sekarang (masih) nggak ngerti bagaimana memulai biding, penilaiannya…🙂

    iya, mas rasyid…di BBO, filenya tersimpan rapi :)pertandingan2 yg disiarkan internet, bisa dilihat dan di download di sana :)terima ksih telah memberi semangat, utk bertanding:)

Leave a Reply

